"Tong..seng mie bak...pao
ca..p ca..e ta..u..cho
pang...sit mi.....soa....swike
ke..cap syo.....mae....."

Peristiwanya terjadi kurang lebih satu tahun yang lalu, waktu itu di Jogja lagi rame-ramenya perayaan hari raya imlek.
saat itu aku lagi ngajar di sanggar SUNni. seperti biasa sebelum kegiatan kita ada circle time, dimana mereka boleh cerita apa saja. kemudian salah satu muridku ada yang tanya
"Bunda..kok di toko toko banyak tulisan gong xi fa chai, itu maksudnya apa?" maka jadilah gong xi fa chai menjadi topik utama kami. untungnya sehari sebelumnya aku sempat nonton sinetron imlek yang diperankan Leony, jadinya aku cukup dapat masukan tentang sejarah dan apa itu imlek....diskusi seru itu diakhiri dengan berdiri dan saling mengucapkan gong xi fa chai sambil membungkuk seperti orang cina. tiba-tiba Ghif, muridku yang paling gedhe (badannya...) nyeletuk
" Bunda Yani bisa nyanyi lagu cina?"
"Oh..bener nih kalian mau belajar nyanyi Cina? enggak gampang lho..." anak-anakku itu, kalo ditantangin pasti malah tambah maksa
"Bisa bunda..nanti kita berusaha...." "Iya bunda...diajarin dulu"
he..he..aku seneng deh kalo mereka ngerayu begini

Lalu aku tulislah "lagu cina" andalanku (seperti yang kutulis di judul tulisan ini)
mereka kuajak menyanyikannya sambil mencet sebelah cuping hidung, untuk menimbulkan nada sengau. wah tapi anak-anak ini memang jibaku! meskipun kesulitan, mereka terus berusaha. tiba-tiba Ghif nyeletuk
"Eh..tunggu..tunggu..aku curiga sesuatu" katanya dengan gaya detektif Conan-nya
"Sepertinya ini nama...nama makanan! iya nama makanan. Ah...bunda yani ngerjain...."
anak-anak yang lain tertegun sejenak, lalu serentak mengerubutiku (kelas kita memang lesehan, jadi suitable buat acara "tawuran" begini), muka-muka kecil itu merona, setengah dongkol setengah geli.
He..he...tapi kamudian aku memanfaatkan moment ini untuk menggali pengetahuan mereka tentang 10 jenis makanan tersebut.

Imlek tahun ini, meskipun jauh dari mereka, aku masih suka senyum sendiri kalo inget gaya mereka waktu nyanyi lagu cina sambil mencet idung "dibindeng-bindengin". ah..anak-anakku, I miss you all! my kids. maafkan bunda yang sering ngisengin kalian....^_^

Comments

  1. Hihihi..tadinya aku ngga ngeh kalo itu nama2 makanan...
    Mbak, pengajiannya sepi ngga ada mbak..dateng ya minggu depan..:)
    Kan tadi Zebby pake baju cina loh..

    ReplyDelete
  2. iya mbak gege, zebby cantik pake baju cina. aku juga lihat di bloknya mb.gege. insya Alloh besok kamis dateng. he..he..sepi, apa karena gak ada yang mbawain makanan ke depan?^-^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts