Legend of my shoe…

Sebenernya ini rada memalukan. Ceritanya, aku sama Puri lagi kebagian tugas untuk assessment di dusun-dusun untuk menemukan titik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) untuk menghidupkan kegiatan anak usia dini paska gempa. Maka berangkatlah kami dengan gegap gempita menuju desa Wonolelo. Ngeeeeng….greng greng (gak pake ncit ncit, coz pake motornya Puri)

Harusnya di Wonolelo ini kami menemukan 8 titik, sesuai rekomendasi sang FDI (Fasilitator Desa Intensif). Dengan perjuangan penuh, titik demi titik kami temukan. Nah di titik ke empat, siang menjelang. Jadi kami memutuskan untuk numpang sholat disitu, kebetulan disitu rumah dan kamar mandinya tergolong “bener”. Maklumlah, gak gampang menemukan kamar mandi dengan kategori “bener” setelah gempa melanda daerah ini. Namanya juga sholat, kan pake acara berbasah basah dulu. Selesai sholat, aku ngerasa ada yang gak beres dengan sepatuku, kok longgar amat, waktu aku liat kebawah “Oh My God !!”…..ternyata sepatuku udah menganga bagian pinggirnya, kaya buaya sumbing lagi laper (he..he..bisa dibayangin gak?).
“Aduh..gimana nih Puri… sepatuku gawat darurat nih. Terusin nggak ya? Tapi kalo nggak kok eman-eman..”
“Iya mbak, udah sampe sini. Terusin aja ya, mbak yani di belakang aja kalo gitu”
Oke..aku manggut-manggut. Asyik…diboncengin sampe Jogja!!
Lalu perjuangan itu kami lanjutkan, sampai dapat titik ke-5 dan ke-6. Dan karena kudu tanya sana sini, jadi aku kudu turun dari motor terus jalan beberapa meter, kan gak sopan kalo tanya dari atas motor. Akibatnya si buaya sumbing itu memperlebar senyumnya… Uhh…..

Di titik ketujuh “Oh My God !” lagi, jalannya bener bener naiiiik…. banget. Kayaknya motor udah terengah engah, tetap aja belum nyampe. Mana tiap tanya sama warga, jawabnya “Oh, naik lagi dikit mbak” atau bilang “naik terus aja mbak, tinggal sekilo lagi!”… sekilo gimane… udah berkilo-kilo belum keliatan ada tanda-tanda kehidupan. Sepanjang jalan kenangan, kiri gunung - kanan jurang. Akhirnya demi pertimbangan keselamatan dan mengingat berat badanku yang enggak ringan, aku terpaksa turun di beberapa tanjakan. Melangkah terseok-seok dengan buaya sumbing terbahak di kakiku…

Alhamdulillah, sampai puncit (udah gak bisa disebut puncak lagi) aku bertemu dengan penduduk yang sedang membagi beras bantuan pemerintah. Dengan pede (karena yakin ketemu yang dicari), aku turun dari motor terus tanya,
“Nuwun sewu pak, nderek tanglet….” Belum selesai bicara. Syuut…ada batu di bawah kakiku, aku rada limbung. Untung gak jatuh, tapi action itu membuat semua orang yang lagi antri beras, terfokus padaku. (Ffuih…akhirnya dunia mengakui, yani lebih cantik daripada beras). Duh, aku malu banget. Tapi gimana ya, terlanjur tengsin. Aku terusin aja tanyanya, lalu seseorang menunjuk sebuah tenda biru yang sekarang jadi “rumah” pak kadus. Ya udah, aku jalan ke sana, sambil sok “nggak papa”. Dih, padahal dalam ati malu banget, sumpah.
Lagi asyik ngobrol dengan bu kadus di dalam tenda biru, tiba-tiba ada warga dateng. Katanya “Udah mbak…pake sandal ini aja, sepatu njenengan kan gak bisa dipake!”
Tadinya aku menolak, nggak enak banget kan. Bukannya ngasih bantuan malah make sandalnya korban gempa. Tapi kayaknya aku gak punya pilihan lain..jadi yah kupinjam dulu deh, dengan beribu ucapan terimakasih.

Sebetulnya, sandal jepit merah itu lebih cocok aku pake, daripada sepatu yang kupake dari rumah. Soalnya kebetulan hari itu aku pake helm merah, slayer merah, kaos tangan merah… pokoknya udah kakak adek ma tengu.
Alhamdulillah, berkat sandal merah itu aku jadi bisa mboncengin Puri ke jogja. Dan dengan sandal merah itu pula kami berhasil menyelesaikan titik ke-8, tempat Pak Lurah. Dan aku sowan ke bu lurah ya pake sandal merah itu……
Duh makasih banget ya sodara-sodaraku di dusun Depok…..Jazakumulloh biahsanil Jaza… Amiin…


Photobucket - Video and Image Hosting

Comments

Popular Posts