Gempa ituuh.....

duuh..maap banget ya kalo postingan berikut rada kadaluarsa. nulisnya sih udah seminggu yang lalu. tapi baru sempet dipostingin sekarang. maklum, sibuk. (sibuk mengurus diri sendiri maksudnya..ha..ha...)

Wuih kangen banget sama blog, dah lama banget rasanya menyentuh internet. Banyak yang pengin aku ceritakan, tapi semuanya kalah seru dengan satu kejadian alam dahsyat yang baru pertama kali kualami sepanjang hidup: gempa bumi!!

Pagi itu, sabtu 27 mei 2006, kurang lebih pukul enam. TVRI sedang menyiarkan acara Tanya jawab seputar ibadah haji. Aku dan mas asyik menyimak acara itu, sementara bapak dan ibu siap siap berangkat pengajian sabtu pagi. Tiba-tiba….
“dhung, brug!klonteng-klonteng….” *susah neh menggambarkan dalam bentuk kalimat*
Bumi gonjang ganjing…langit kelap kelap katon….(eh itu kan wayang kulit)
Pokoknya tiba-tiba seolah-olah semua benda bergerak. Simas sontak teriak
“eh..gempa!! keluar!” katanya sambil loncat berdiri lalu membuka paksa pintu depan. Refleks aku ikut lari ke teras.
“bapak….ibu….” teriak simas. Aku langsung sadar. Oh ya, bapak ibu belum pergi ya.. duh mereka ada di mana… aku jadi masuk lagi, mencoba mencari bapak ibu sementara gempa masih terasa dan gemuruhnya bertambah bising karena beradu dengan suara barang-barang jatuh dan pecah.
“ibu…..bapak..” teriakku berkali-kali
“yani keluar!!” teriak mas yang lebih mirip instruksi. Aku pun keluar. Giliran mas yang masuk lagi cari ibu bapak..pokoknya kita gentian keluar-masuk mencari ibu bapak yang gak menjawab meski dipanggil berkali kali. Duh kami cemas banget. Soalnya khawatir bapak dan ibu kejatuhan sesuatu terus pingsan. Soalnya semua barang yang posisinya di atas udah pada morat-marit di lantai. Setelah mencari dengan hasil nihil, aku pun keluar, ternyata bapak ibu keluar dari pintu garasi, setelah itu gempa pertama mereda…

Gak tahunya, bapak ibu ada di garasi, gak bisa keluar karena jalan tertutup sepeda motorku yang ambruk nimpa mobil. Sementara bapak mau ngebediriin motornya susah, coz goyangan gempa yang cukup besar, plus ibu pegangan kenceng banget jadi bapak susah bergerak.. J. Yang pasti, ibu juga teriak keras “Allohu akbar…Lailla ha illalloh..” dsb, jadinya gak denger waktu aku panggil-panggil…

Setelah itu, kami semua keluar. Tetangga-tetangga juga pada keluar, kebetulan depan rumah ada lapangan, terus orang-orang pada parkir mobil disitu. Yah kalo rumah ambruk, setidaknya mobil selamat, gitu kali ya pikirnya. Saat kami kumpul di depan itu gempa-gempa berikutnya menyusul. Gak sebesar yang pertama, tapi tetep aja bikin kami semua cemas. Soalnya gempa sebelumnya berhasil membuat kerusakan parah di beberapa rumah

Gempa reda…orang-orang mulai masuk ke rumah masing-masing, beberapa mulai bebenah. Tiba-tiba ada suara riuh, orang-orang kumpul lagi di luar, ada yang bilang “ada air,,,lari ke utara!” aku ragu-ragu, ah maca cih… tapi cemas juga. Kami kumpul di luar, saat itu sempet beberapa kali gempa lagi, bikin suasana tambah mencekam. Dari masjid terdengar adzan, ada juga yang sholawatan. Kalo udah gitu manusia mau sombong gimana coba, yang gak pernah sembahyang sekalipun pasti jadi inget Tuhan.. saat itu aku sempet tau dari ibunya mbak may yang telpon dari solo (disana listrik udah nyala, jadi bisa simak berita) beliau bilang, gempa ini tektonik, dari laut. Jauh banget dari dugaan kami sebelumnya yang ngira gempa ini gara-gara merapi meletus. Karena tau tektonik, isu tsunami bikin cemas juga. Simas bilang, gak mungkin kita kena tsunami. Laut kan jaraknya jauh dari tempetku. Sementara bapakku bilang “kalau ada tsunami jangan lari, kita cari aja rumah tingkat tertinggi, naik” kupikir bener juga. Kebetulan tetangga di depanku tingkat 3 dan bangunannya kokoh banget. Jadi siap-siap aja masuk kesana.
Saat itu ada warga yang berinisiatif nyetel radio kenceng banget, wah jadi terinspirasi nih. Yang punya MP3, hp beradio, radio mobil, segera cari berita. Lalu ada tanggapan dari BMG (Badan Meteorologi dan geofisika) yang cukup melegakan. Katanya:
“tidak akan terjadi tsunami, karena di jogja setelah laut ditutup oleh bukit, dan kecil kemungkinan air bisa melampaui bukit itu!” dari radio juga kita tau bahwa gempa yang terjadi pagi adalah gempa tektonik 5.9 SR.dan mencatat 1000 korban jiwa. (waktu aku nulis ini udah bertambah jadi kurang lebih 3500 korban jiwa). Daerah terparah ada daerah bantul, terutama pleret, wonokromo, piyungan juga klaten. Untuk daerah kodya jogja terparah adalah kec. Umbulharjo, kebetulan kecamatanku. Gempa itu masih akan terus diikuti gempa susulan, sekitar 2 mingguan *Oh Nooooo…. L*

Hari itu, kita masih rada trauma dengan gempa yang pertama. Jadinya hampir semua aktivitas kita lakukan di luar rumah. Kecuali ke kamar mandi (biar cemas, masih punya malu juga, :p) dapur juga kita pindah ke halaman belakang. Malemnya, kita tidur di jalan. Beratap langit, biar kalo gempa gak perlu lari. Tapi, tengah malem hujan turun, yaa..pindah lagi deh ke teras rumah. Udah gitu hujannya juga ikut-ikutan nakutin, duereeeesss..banget. aduh si ujan gak kasian deh sama orang-orang yang atepnya bolong..(itupun masih untung kalo cuma atep, yang amblas serumah-rumahnya juga banyak). Malem itu kami berempat plus 3 anak kos yang tersisa (karena gak ada yang njemputin buat ngungsi) bener-bener ngerasain kemping yang suasanya lebih mencekam dari kemping betulan.

Sekarang udah seminggu berlalu. Gempa-gempa susulan masih terasa meskipun kecil. Kita pun udah mulai terbiasa, jadi gak perlu lari terbirit kalau ada gempa. Paling Cuma komentar “Ooh..gempa, kirain apaan”
Yang pasti efek pasca gempa masih jelas terlihat sampai hari ini. Waktu aku ke imogiri kemaren, sepanjang jalan penuh dengan rumah dan bangunan yang ambruk bruk, nyaris rata dengan tanah. Banyak anak di sepanjang jalan meminta sumbangan, malah ada yang sengaja nyegat kendaraan yang membawa bantuan supaya memberikan ke mereka. Akhirnya daerah yang pojok dan pelosok, nggak dapet apa-apa…

Semoga saja bencana ini membuat kita semua berbenah, dan yang kehilangan baik anggota keluarga maupun rumah bisa kuat dan tabah….
Makasih untuk temen-temen dan saudara mara yang udah perhatian baik lewat telpon, sms or internet, juga lewat do’a… alhamdulillah kami sekeluarga baik-baik saja.

Friday night, 11.50 pm
Barusan ada gempa lagi, jadi nulisnya stop dulu ya, lagi deg-degan nih


Nah, sekarang minta maap lagi. tadi aku dah upload gambar tapi gak muncul2. ya udah deh gambarnya di multiply aja ya , coz udah kudu ganti acara ni, ada kegiatan edukasi bareng eccd-rc di kamp pengungsi sana. mau bantu? nyok..nyok...nyok...



Comments

Popular Posts