Memoirs of Pangandaran


Peristiwanya dah cukup lama, sekitar tahun 2002. Tapi sumpah, aku nggak mungkin bisa lupa kejadian itu. Waktu itu aku masih kerja di Plan International. Kebetulan waktu itu liburan sekolah, dan kita ngadain acara children fun fund di Pangandaran. miknikin anak dampingan sekaligus staff.

Pagi itu, ceritanya ada acara lomba melukis buat anak-anak. Lokasinya sekitar 3km kalo jalan kaki dari penginapan . Nah rombongan anak-anak and beberapa temen sih dah nyampe di lokasi. sementara aku dan beberapa temen yang lain baru nyampe tepi pantai. Wah ada 2 pilihan nih: nyebrang apa jalan. Akhirnya kami memutuskan untuk nyebrang pakai perahu aja. Nanggung, udah sampe pangandaran masa nggak maen air sih...
Setelah tawar menawar, naik juga kami ke atas perahu. Seperti biasa, aku exited banget ngeliat air (ada hubungannya gak ya sama zodiakku yg aquarius...) sementara kawan lain lebih milih duduk di bangku penumpang yang atasnya ada atepnya, aku malah ambil posisi paling depan, di deket pucuk perahu, pokoknya tangan kanan sama kiri bisa pegang tepi perahu. di depanku pemilik kapal duduk di ujung depan.. (eits, tapi gak pake pegangan kaya titanic lho!)
Kayaknya sih, pagi itu laut lagi pasang. Jadinya ombaknya..wuih..tinggi betul! kita yang awalnya sempat jepret sana-jepret sini (bawa karet ya??) terus duduk anteng soalnya kalo bertingkah khawatir perahu itu kebalik.
Ombak pertama...."byuurr......." perahu kecil itu melewatinya dengan sukses. Wah aku girang banget! rasanya kayak main arung jeram di dufan aja .Cuma yang ini lebih mendebarkan, lebih real.
Ombak kedua..wah tinggi banget.......tembok putih itu ambruk di depan perahu."Byuuuuurrrr..ss...." Lagi, perahu itu berhasil naik dan terhempas dengan posisi tetap...aku masih teriak2, takut-takut asyik.
Tembok putih yang ketiga dateng lagi, kali ini aku nggak bisa liat ujung atasnya (soalnya paling depan). kata temenku yang di belakatang sih, mungkin ada sekitar 3 meteran gitu.... Aku sih ingetnya waktu itu angin menderu kenceng banget terus "ByuByuByuuurrrrrr................"
Ada air menghantam, semua badanku basah.... aku ngerasa 2 pegangan tanganku lepas..terus kayak ada yang ngedorong gitu.... kayaknya aku udah nggak duduk lagi deh.
Waktu aku buka mata..aku kaget! yang aku liat cuma warna putih....aku langsung tau, ouch! aku ni di dalam air...yah..aku cuma bisa pasrah. Setauku, orang yang keseret ombak aja bisa gak selamat apalagi yang nyemplung "plung" dengan sukses kaya' guwe...Ya sudahlah, kalau memang ini jalan Mu mengambilku ya Alloh...waktu itu aku bener-bener pasrah, kalo mau mati saat itu ya biarlah. Habis, mau gimana, di tengah laut, nggak bisa berenang lagi. kalo bahasa ESQ nya mungkin udah zero lah...
Mungkin waktu itu arus air membuat posisi tubuhku memutar...tiba-tiba aku liat biru-biru. Oh..ternyata itu bagian bawah kapal, masih melengkung ke atas. Oh..berarti kapalnya nggak terbalik. Aku jadi ingat temen-temen, apa mereka masih di atas ya. Terus aku coba ngulurin tangan ke atas.., eh nemu batang bambu (yang ternyata selalu ada di tepi perahu) aku coba raih, eh..bisa! tinggal tangan kiri ku yang melambai-lambai ke atas...(kata temenku yang diatas perahu, kadang tampak, kadang nggak...) aku ngerasa tangan kiriku ada yang narik, tapi sempet terlepas lagi. Samar-samar aku denger suara Pak Pri BRC (Building Relationship Coordinator) kami "Its Ok..mbak Yani, don't worry..don't worry." Ah pak pri...masih aja seh ngomong bule disaat genting begini. Ternyata emang bener, aku nggak perlu worried. beberap detik kemudian, temenku bergotong royong menarik tubuhku ke atas perahu (waktu itu belum tambun, hiks). Sampe di atas aku bersyukur....banget masih bisa menghirup udara di dunia fana ini. Tapi lho....mana jilbabku? ternyata waktu aku kecebur jilbabku mengambang dengan leluasa di permukaan. Dan temenku pikir itu aku, waktu jilbab itu ditarik, mereka baru sadar. mereka cuma nyelamatin jilbabnya, belum orangnya, he..he...
Meskipun bukan termasuk kejadian yang diharapkan, tapi sejak itu kami jadi tambah akrab lho. Gak perlu bikin outbond yang mahal, ternyata team building terjalin dengan sendirinya, eh gak sendirinya deng, dengan bantuan alam. buat aku pribadi, ini jadi KLB (kejadian luar biasa) dimana aku pernah ngerasa dekeeee..t banget sama sang pencipta. Padahal ini baru ombak 3 meter ya..belum 30 m kayak tsunami...ih pasti lebih syerem.
Yah buat pengalaman, yang namanya safety itu penting. jangan cuma mikirin fun aja. pake pelampung kek, cari yang ombaknya gak galak kek. terus kalo masih ada rencana kecebur juga, jangan di pangandaran, pergi ke Hawai apa kemana gitu yang ada baywatchnya.....

Comments

Popular Posts